Jumat, 13 September 2013

PIK Pertama.. Kyaaaa~

PIK Pertama.. Kyaaaa~ Itu yang ada di pikiran ku hari Selasa dan Rabu kemarin. Mengingat di Minggu ini, aku bakal jadi Pembimbing Kelompok Kecil ato biasa di singkat PKK untuk pertama kalinya. Aku bakal membimbing sebanyak 7 orang mmahasiswa baru Kristen 2013 yang kebetulan dari jurusan Tekkim semua. *yeeeey sejurusaan =D*

Awalnya sih aku memang ada keinginan untuk memuridkan orang-orang. Dari kecil, ngeliat papa yang bisa ngajar DK *Dasar Kekristenan* di gereja. Wah, keren tuh, pikirku dalam hati. Maklumlah masih anak kecil belum ngerti apa-apa, tapi seiring dengan berjalannya waktu, pikiranku semakin berkembang juga. Memuridkan juga salah satu tugas kita sebagai orang Kristen. Dengan memuridkan, kita akan semakin bertumbuh lagi di dalam Tuhan.

Nervous juga sewaktu sebelum Pembinaan Iman Kristen ato PIK ini. Baru pertama juga aku ngajar orang tentang dasar-dasar kekristenan. Apalagi jumlah nya banyak juga, 7 orang yang aku harus ajari. Persiapan udah aku lakukan sih, tapi tetep aja deg-deg-an. Pada dasar nya aku ga pinter ngomong juga, takut kalo ada salah apa lupa gitu. Tapi ya aku dasar nekat, terus maju pantang mundur, dijalani aja. Awalnya kita janjian hari Rabu buat PIK, cuman diganti hari Kamis di jam yang sama, yaitu jam 5 dikarenakan ada acara ITS yang mewajibkan mahasiswa baru ikut *katanya* Ya udah diganti besok aja. Anggota Kelompok Kecil atau AKK ku aku suruh ikut aja tuh acara. Mumpung masih mahasiswa baru *=P*

Tibalah di hari yang dijanjikan, yaitu Kamis, 12 September 2013, aku memulai PIK yang pertama. Sebelumnya ada kejadian jahil yang aku lakukan. Dari Tekkim, yang menjadi PKK ada 4 orang termasuk aku. Menurut perjanjian, kita ambil map dan absen dulu di Teater B ITS. Nah, sampai di sana jam setengah 6 an kita ngeliat ga ada yang nungguin buat ngasih tuh absen kecuali ada 1 orang duduk di deket Teater B ITS. Kita bingung nyari orang yang ngasih absen tuh, keluar-masuk-muter-muter keliling Teater B ga nemu tuh orang. Sebenarnya aku tau tuh orang yang duduk di situ itu orang yang kita cari gara-gara dia bawa sekresek buku PIK dan temen-temenku pada ga nyadar. Terus aku inget, salah satu temen ku sentiment sama yang namanya PKMBK yang diketuai sama temenku yang satu lagi. Akhirnya, temenku ini protes sama si ketua PKMBK ini, seperti yang aku duga. Aku juga ikut-ikutan buat ngompor-ngomporin *Maaf yoo Gasss =P* Tiba-tiba dateng sms : "Mas, aku udah ada di depan Teater B" Temen-temenku langsung noleh ke arah orang yang duduk itu, dan langsung tuh orang kita samperin. Aku hanya tertawa dalam hati agar "Role Play" yang aku lakukan nda kelihatan. *wkwkwkwkwk* Akhirnya setelah PIK selesai, aku ceritain tuh semuanya ke temen-temenku. *heheheheh =P*

PIK yang pertama ini mengenai dosa dan akibatnya. Disitu dijelasin kalo kita semua adalah orang yang berdosa. Dosa adalah perbuatan yang melanggar hukum Tuhan *KBBI* Dosa dimulai dari ketidaktaatan Adam dan Hawa yang mengambil buah berpengetahuan baik dan jahat karena ingin sama dengan Tuhan *said the snake* yang ada di Kejadian 3. Terus bacaan intinya ada di Roma 6 : 15 - 23. Di situ ditulis mengenai 2 macam perhambaan, yaitu hamba dosa dan hamba kebenaran. Dan setelah kita menerima Yesus, istilahnya kita sudah "berpindah tuan", dari hamba dosa ke hamba kebenaran. Kalo Garreth Bale dibeli sama Real Madrid dengan harga 1.5 T, kita dibeli Tuhan dengan nyawaNya.

Sama juga seperti Bale yang menandatangani kontrak dengan Real Madrid, kalo diterjemahin dalam bahasa sekarang, Tuhan menandatangani "pembelian" diri kita dengan nyawanya di sebuah kontrak. Nah, sekarang Tuhan lah yang jadi Tuan kita dan kita adalah hambanya. Tapi sama si Tuhan, tuh kontrak disobek-sobek di depan kita, jadinya kita beroleh kebebasan. Masalahnya tinggal di kita nya. Apa kita percaya tuh kontrak yang disobek-sobek punya kita apa punya orang lain. Kalo ga percaya ya berarti kita tetep nuruti si Dosa karena pada dasarnya, kita semua hamba nya dosa, kalo percaya ya udah brarti bebas.

Terus, setelah jadi hamba kebenaran, kita ga bisa jadi hamba dosa juga dengan alasan "oh, aku bisa multitasking" Ga bisa lah, wong ibaratnya ada pertigaan, satu ke hamba kebenaran, satunya ke hamba dosa. Kita ga bisa ngelakuin kagebunshin dan ambil dua-duanya. Kita harus milih salah satu karena tujuan akhir dari hamba dosa dan hamba kebenaran berbeda. Untuk ayat hafalannya ada di Roma 3 : 23, "Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah" Di sini menekankan bahwa kita semua adalah orang berdosa.

PIK sewaktu aku jalanin tidak seperti yang aku takutin dan bayangkan ternyata. Semuanya berjalan menyenangkan dan rasanya pengen PIK lagi secepatnya. Semua AKK ku terbuka untuk sharing-sharing dan cerita-cerita. Tentu aja yang mengenai pergumulan pribadi awalnya mereka masih malu-malu, dan akhirnya aku duluan yang sharing. Tapi itu emang udah aku rencanain dari awal. Dari PIK juga aku bisa melihat potensi-potensi yang dimiliki oleh para AKK ku. Misal, ada 2 orang yang pengetahuan tentang alkitabnya lumayan jago, ada 1 orang juga yang hobby nya suka berdebat, terus ada lagi yang bisa maen musik. Jadi pengen kumpul PIK lagi nih. *ketagihan =P* Itu saja sharing dari aku. Keep Smiling and Never Give Up. =) JBU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar